Wednesday, June 14, 2017

Kamus Praktis KANJI - INDONESIA (T. Chandra)


Kemarin bisa jalan berdua saja sama suami. Hawnan dibawa neneknya ke sekolah, karena di sekolah neneknya sebenarnya sudah selesai tinggal nunggu waktu membagikan raport, jadi bisa ngajak cucunya main di sekolah. Suami ngajak ke kajian, pulangnya kita ke Gramedia. Mumpung di Bandung. Hihi.

Saya seneng banget kalau ke tempat-tempat yang terdapat banyak buku. Sempet ditegur juga karena katanya saya jalan kecentilan. Tanpa sadar kalau lagi seneng jalan saya jadi melompat-lompat.

Dari rumah memang sengaja bawa uang terbatas, karena saya khawatir akan impulsif kalau sudah berurusan dengan buku. Tapi setelah dipikir-pikir kalau bareng suami saya tidak mungkin impulsif. 😂

Jarang banget bisa keluar berdua kayak gini. Jadi harus dioptimalkan sebaik mungkin. Walaupun agak malu-malu kami gandengan aja kayak yang lagi pacaran. Kalau yang pacaran aja ga malu, harusnya kami yang udah nikah bisa lebih PD kan.

Suami langsung nanya mau nyari buku apa. Sebenernya sih saya niatnya cuman keliling-keliling aja numpang baca gratis, hehe. Tapi biar keliatan agak serius jadi saya bilang aja buku Dan Brown udah ada yang terbaru, ORIGIN (walaupun saya tahu pasti belum ada terjemahannya di Gramedia karena emang baru banget.)  :P

Tuesday, May 30, 2017

Berwisata ke Alam Ruh (Imâm Al-Ghazâlî)


Jadi waktu beli kado buat temen dan Dalam Dekapan Ukhuwah di salah satu stand di Landmark, teteh yang ngejagain standnya ngasih saya tiga buku secara cuma-cuma alias gratis. Saya waktu bayar bengang-bengong karena ga nyangka. "Teh ini ada bonus buku. " katanya tersenyum sambil memasukkan tiga buku ke dalam kantung plastik dan menyerahkannya pada saya. "Serius teh? Gratis? " Tanya saya masih tak percaya. "Iya serius. " jawabnya sambil tersenyun lebar. "Ma.. Ma.. Makasih teh.. " tiba-tiba saya jadi gagap saking senengnya. Saat meninggalkan stand itu saya berpikir "Seharusnya saya bilang jazakillah khairan katsiran.." Akhirnya saya berdo'a dalam hati semoga Allah membalas kebaikannya pada saya berlipat ganda. Baik banget sih dirimu teh, udah ngasih diskon, ngasih gratisan pula. Love you deh.

Ini salah satu bukunya. Sebelumnya mohon maaf bulan ini saya tidak mengadakan giveaway. Ada sih buku thriller. Tapi belum dibaca. Hehe. Nanti kalau sudah dibaca dan direview pasti saya kasih kabar deh.

Untuk akhir bulan ini yang merupakan awal-awal bulan Ramadhan saya ingin memperbanyak membaca buku-buku keislaman. Sekarang saya ada di Bandung. Beberapa buku yang masih disegel saya simpan di Bandung. Akhirnya saya membaca buku ini.

Anatomi buku ini:
Judul: Berwisata ke Alam Ruh

Saturday, May 20, 2017

Le Petit Prince (Antoine De Saint-Exupéry)

Buku ini pertama kali saya baca saat kelas XI SMA. Waktu itu ada project dari guru Bahasa Indonesia kami untuk membuat drama yang akan dipentaskan dan ditonton oleh semua siswa kelas XI. Jadi tiap kelas IPA, IPS, dan Bahasa akan menampilkan drama. Tiap kelas terdiri dari beberapa kelompok. Kelas Bahasa dibagi menjadi 2 kelompok. Kelas IPA dan IPS masing-masing dibagi menjadi 4 kelompok. Jadi jumlah seluruh kelompok ada 22 kelompok. Berarti ada 22 naskah drama yang ditampilkan.

Salah satu teman di kelompok kami menyarankan untuk menyadur naskah drama dari novel ini. Kami semua sepakat. Waktu itu saya mendapatkan dua peran. Jadi Narator dan Rubah. Jadi peran saya ganda karena jumlah SDM di kelas saya tidak sebanyak kelas IPA dan IPS.

Anatomi buku ini:
Judul asli: Le Petit Prince
Judul terjemahan: Pangeran Cilik
Penulis: Antoine De Saint-Exupéry
Penerjemah: Henri Chambert-Loir
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2011
Jumlah halaman: 120

Saturday, May 13, 2017

Dalam Dekapan Ukhuwah (Salim A. Fillah)

Ini buku Salim A. Fillah yang udah lama. Tapi saya baru beli saat ada bazzar di Landmark. Dulu pernah baca sekilas punya temen. Tapi sekilas. Sekarang baru bisa baca seluruhnya.

Seperti karya-karya Salim A. Fillah yang lainnya, saya selalu kagum dengan tiap untaian kata yang ditorehkan oleh penulis. Kalimat-kalimat yang indah menyejukkan hati yang membacanya, menusuk tajam, menampar keras. Emosi saya diaduk-aduk oleh kisah-kisah yang disajikan dengan penuh makna. Nalar saya dibuat berpikir di setiap perenungan yang mendalam. Tapi aplikasinya wallahu'alam, pastilah sangat berat.

Anatomi buku ini:
Judul: Dalam Dekapan Ukhuwah
Penulis: Salim A. Fillah
Penerbit: Pro-U Media
Tahun terbit: 2010
Jumlah halaman: 472
Dimensi: 14 cm X 20 cm
Harga: Rp 74.000

Saat membaca buku ini saya bertekad untuk bertemu teman-teman yang sudah lama tidak saya temui beberapa