Pages

Monday, January 30, 2017

Wonderful Couple (Cahyadi Takariawan)

Ini buku yang udah lama juga saya beli. Waktu itu belinya sepaket sama Wonderful Family, Wonderful Husband, dan Wonderful Wife. Jadi ada potongan harga tambahan. :D

Sekarang Pak Cah udah nulis buku baru juga judulnya Wonderful Marriage. Jadi kalau sekarang sepaketnya ada 5 buku. Saya beli di Sehati Book Store punya temen saya Eika Vio dan suaminya Kang H.D. Gumilang. Waktu itu belinya via WA. Bukunya langsung diantar jadi bebas ongkir juga deh. Hehehe.

Anatomi buku ini:
Judul: Wonderful Couple (Menjadi Pasangan Paling Bahagia)
Penulis: Cahyadi Takariawan
Penerbit: Era Adicitra Intermedia
Tahun Terbit: 2015
Jumlah halaman: 354

Monday, January 23, 2017

Proyek Pemelajaran yang Diperkaya (James Bellanca)

Saya akan mereview salah satu buku yang ada di rak buku saya. Ini buku lama, tapi saya baca kembali karena belum beli buku lagi. Hehe. Ini adalah buku yang saya butuhkan saat menyusun skripsi saya di tahun 2013 dan baru beres tahun 2014. Judul skripsi yang saya ambil saat itu adalah "Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada Konsep Daur Air di Kelas V Sekolah Dasar.

Waktu itu saya sulit sekali menemukan buku tentang Project Based Learning yang berbahasa Indonesia. Kebanyakan buku tentang model-model pembelajaran yang didalamnya hanya ada sedikit informasi mengenai PoBL. Saya diminta untuk mencari buku yang didalamnya khusus mengenai PoBL oleh dosen pembimbing. Tapi ternyata sulit menemukannya.

Di perpustakaan kampus tidak ada, di Bapusipda juga tidak ada. Saya banyak menemukan e-booknya yang berbahasa Inggris. Dosen pembimbing juga memberikan banyak e-book yang relevan dalam bahasa Inggris. Tapi saya butuh tambahan buku yang berbahasa Indonesia di sumber pustaka. Masa sih ga ada?

Kalau Problem Based Learning sih banyak. Tapi masa Project Based Learning ga ada sama sekali? Akhirnya saya cari ke palasari. Itu pilihan terakhir saya karena ga bisa dapat yang gratisan. Dulu saya mencari berjam-jam di salah satu toko buku palasari yang terkenal sangat lengkap, banyak diskonnya, dan buku yang kita beli langsung diberi sampul plastik tebal tanpa biaya tambahan.

Monday, January 16, 2017

Lapis-Lapis Keberkahan (Salim A. Fillah)

Waktu liburan di Bandung kemarin, saya sengaja ke toko buku Mufti di seberang Surapati Core. Niatnya beli Buku Salim A. Fillah, Barakallah Bahagianya Merayakan Cinta untuk kado pernikahan saudara. Tapi eh tapi, saya jadi "kabita" beli buku buat sendiri juga. Jadilah saya beli Buku ini, Lapis-Lapis Keberkahan karya Salim A. Fillah juga. Harganya 100K, tapi saya dikasih diskon 20%. Hehe.

Saat pertama baca prolognya saya langsung nangis disuguhi untaian kalimat Salim A. Fillah yang nyastra banget nyeritain kisah Rasulullah yang ditanya oleh Aisyah tentang masa terberatnya. Jawaban sang guru peradaban pokonya bikin baper banget lah. Ya Allah, baru prolog aja buku ini udah buat saya nangis.

Ada juga kisah mitologi Sisyphus tentang perbedaan sudut pandang makna kebahagiaan. Dilanjutkan dengan kisah Halimah yang menjadi ibu persusuan sang nabi. Bagaimana keberkahan muncul bertubi-tubi saat Muhammad diambil olehnya. Dan kisah-kisah lainnya yang
mengupas makna keberkahan berdasarkan Al-Qur'an dan hadits.

Ada juga kajian huruf berdasarkan ilmu bahasa arabnya seperti makna turunan kata dalam bahasa arab. Saya pribadi yang ga ngerti bahasa arab cuman bisa bergumam "ooooh..". Jadi tau beberapa kosa kata bahasa arab. Ya intinya buku ini menyadarkan bahwa keberkahan bukan hanya terdapat pada kebahagiaan atau keberlimpahan saja, tapi dalam kekurangan dan kesedihan pun bisa jadi ada keberkahan. Buku ini cocok untuk dibaca siapapun yang ingin lebih memaknai hidupnya sebagai manusia.