Monday, January 23, 2017

Proyek Pemelajaran yang Diperkaya (James Bellanca)

Saya akan mereview salah satu buku yang ada di rak buku saya. Ini buku lama, tapi saya baca kembali karena belum beli buku lagi. Hehe. Ini adalah buku yang saya butuhkan saat menyusun skripsi saya di tahun 2013 dan baru beres tahun 2014. Judul skripsi yang saya ambil saat itu adalah "Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada Konsep Daur Air di Kelas V Sekolah Dasar.

Waktu itu saya sulit sekali menemukan buku tentang Project Based Learning yang berbahasa Indonesia. Kebanyakan buku tentang model-model pembelajaran yang didalamnya hanya ada sedikit informasi mengenai PoBL. Saya diminta untuk mencari buku yang didalamnya khusus mengenai PoBL oleh dosen pembimbing. Tapi ternyata sulit menemukannya.

Di perpustakaan kampus tidak ada, di Bapusipda juga tidak ada. Saya banyak menemukan e-booknya yang berbahasa Inggris. Dosen pembimbing juga memberikan banyak e-book yang relevan dalam bahasa Inggris. Tapi saya butuh tambahan buku yang berbahasa Indonesia di sumber pustaka. Masa sih ga ada?

Kalau Problem Based Learning sih banyak. Tapi masa Project Based Learning ga ada sama sekali? Akhirnya saya cari ke palasari. Itu pilihan terakhir saya karena ga bisa dapat yang gratisan. Dulu saya mencari berjam-jam di salah satu toko buku palasari yang terkenal sangat lengkap, banyak diskonnya, dan buku yang kita beli langsung diberi sampul plastik tebal tanpa biaya tambahan.
Akhirnya saya menemukan buku ini. Bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami. Seneng banget lah pas nemuin buku ini. Mungkin karena susah nyarinya jadi bahagia, tersenyum sepanjang perjalanan pulang. Sebenarnya bahagia karena nemu buku Inferno Dan Brown. Saya beli juga novel itu. Biasanya pinjem ke perpus, tapi karena lama ga keluar-keluar di koleksi perpustakaan, jadi saya beli juga walaupun novel itu lebih tebal dan lebih mahal harganya dari buku ini. Hahaha. Ngerjain skripsi malah beli novel Dan Brown. Tambah ga fokus.

Kembali pada buku ini yang merupakan buku terjemahan. Saya penasaran ada tidak ya orang Indonesia yang menulis buku khusus tentang Project Based Learning.. Saya lupa harga buku ini berapa, tapi sudah googling harga terbaru Rp 70.000.

Anatomi buku ini:
Judul: Proyek Pemelajaran yang Diperkaya
Judul asli: Enriched Learning Project
Penulis: James Bellanca
Penerjemah: Ririn Sjafriani
Penerbit Indonesia: Indeks
Penerbit asal: Solution Tree Press
Tahun terbit: 2012
Jumlah halaman: 228
Dimensi: 20,5 cm X 28 cm
Harga: Rp. 70.000

Kelebihan buku ini adalah sangat lengkap mengupas seluk beluk tentang PoBL. Dipaparkan secara detail tentang apa itu PoBL, akuntabilitas, jawaban untuk keraguan guru mengenai kemungkinan pengaplikasian yang selama ini dianggap terlalu rumit, manfaat PoBL, perencanaan tentang lima langkah mundur sampai dilengkapi rubriknya juga, bagaimana menerapkan penilaian untuk proyek, laporan proyek, contoh proyek, dll. Pokonya sangat lengkap, ada sumber media cetak dan online juga yang dilampirkan penulis untuk membantu dalam menerapkan model PoBL (tapi dalam bahasa Inggris). Isi buku ini keren deh. Sangat membantu untuk inovasi pembelajaran di Indonesia.

Saya juga suka quote di setiap awal bab yang memotivasi. Seperti "Karena gagal mempersiapkan, Anda sedang mempersiapkan untuk gagal. " _ Benjamin Franklin. Ada yang berasal dari tokoh-tokoh terkenal, pepatah lama, peribahasa, dll.

Yang paling saya suka adalah quote di Bab 8 Menilai Proyek yang Diperkaya.
"Tidak ada!"
_seorang siswa,
secara anonim ketika ditanya apa yang dia pelajari hari itu

Saya tidak tau itu bisa dibilang quote atau tidak. Tapi tulisan di awal bab itu membuat saya merenungkan evaluasi pembelajaran yang selama ini saya lakukan terhadap siswa-siswa saya. Apa mereka sudah merasa mempelajari sesuatu dari setiap pertemuan kami di kelas ataupun di luar kelas? Mungkinkah siswa-siswa saya juga menjawab begitu saat orangtua di rumah bertanya kepada mereka? Saya termotivasi untuk mengevaluasi kemampuan evaluasi siswa terhadap dirinya sendiri. Orang yang paling bertanggung jawab untuk penilaian pembelajaran adalah siswa itu sendiri. Siswa harus menyadari sejauh mana perkembangan dirinya sebelum dan sesudah proses belajar. Saya juga suka dengan beberapa studi kasus yang dipaparkan penulis melalui cerita pendek atau dialog mengenai PoBL. Sangat menarik.

Selanjutnya kekurangan buku ini.. Sayang sekali saya kurang suka dengan hasil terjemahannya. Maaf.. Saya sendiri belum tentu bisa menerjemahkan satu buku ini dengan baik. Tapi sebagai pembaca saya merasa kurang nyaman dengan pemilihan kata dan penyusunan kalimat oleh penerjemah. Saat melihat judulnya saja saya sedikit ragu untuk membeli. Kata "Pemelajaran" menurut saya kurang tepat karena huruf awal dari kata dasar yang luluh bila bertemu dengan imbuhan setau saya hanya K,T,S, dan P. Jadi saya lebih setuju pada kata "Pembelajaran".

Salah satu contoh kalimat yang kurang nyaman dibaca ada di halaman 121 (saya membuka halaman secara acak, tapi disetiap halaman hampir selalu ada kalimat yang tidak koheren.)
"Salah satu cara Anda dapat menggunakan proyek-proyek pemelajaran yang diperkaya untuk memperkuat pemikiran siswa, adalah secara eksplisit menanamkan kemampuan berpikir pada mereka."

Tapi bagaimanapun juga, isi buku ini masih bisa dipahami dan saya tetap merekomendasikannya bagi yang ingin mengetahui seluk beluk dan pengaplikasian PoBL. Ya kalau ingin nyaman membacanya mungkin lebih baik langsung beli versi aslinya yang berbahasa Inggris. Tapi mungkin saja penerbit juga sudah mendapatkan komplain dan memperbaiki terjemahannya. Yang jelas buku ini sudah membantu penelitian saya. ^-^
Ternyata di belbuk juga ada.

Proyek Pembelajaran Yang Diperkaya: Jalur Praktis Menuju Keterampilan Abad Ke-21 Toko Buku Online Terpercaya

No comments:

Post a Comment