Monday, January 30, 2017

Wonderful Couple (Cahyadi Takariawan)

Ini buku yang udah lama juga saya beli. Waktu itu belinya sepaket sama Wonderful Family, Wonderful Husband, dan Wonderful Wife. Jadi ada potongan harga tambahan. :D

Sekarang Pak Cah udah nulis buku baru juga judulnya Wonderful Marriage. Jadi kalau sekarang sepaketnya ada 5 buku. Saya beli di Sehati Book Store punya temen saya Eika Vio dan suaminya Kang H.D. Gumilang. Waktu itu belinya via WA. Bukunya langsung diantar jadi bebas ongkir juga deh. Hehehe.

Anatomi buku ini:
Judul: Wonderful Couple (Menjadi Pasangan Paling Bahagia)
Penulis: Cahyadi Takariawan
Penerbit: Era Adicitra Intermedia
Tahun Terbit: 2015
Jumlah halaman: 354

Dimensi: 21 cm X 15 cm
Harga: Rp 65.000Buku ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mempersiapkan diri untuk menjadi seorang suami dan seorang istri atau ataupun yang sudah bergelar suami dan istri. Yang belum menjadi suami atau istri, pasti suatu saat akan sampai juga pada pernikahan kan. Untuk membangun rumah tangga tentu butuh ilmu. Dan untuk yang sudah berumah tangga pun harus tetap belajar untuk bisa menjadi lebih baik lagi menjadi suami atau istri.

Kelebihan buku ini ada pada bahasanya yang ringan, mudah dipahami dan sangat menginspirasi. Penulis menyajikan kisah-kisah rumah tangga sehari-sehari yang sederhana. Kisah wonderful couple dan kisah keluarga berantakan. Pembaca diajak untuk membandingkan dan menganalisis perbedaan antara kisah-kisah itu untuk menarik pelajaran. Karena cinta itu sederhana. Yang membuat rumit atau sederhana adalah kita sendiri.

Selain itu penulis menyertakan ayat-ayat Al-Qur'an, hadits, data statistik, dan ilmu-ilmu psikologi yang sudah dibuktikan oleh penelitian ilmiah. Ada tahapan-tahapan untuk menjadi wonderful couple, cara mengekspresikan cinta kepada pasangan, cara untuk menghadapi permasalahan, lima model menyelesaikan konflik suami istri, menghadapi intervensi teknologi, menyelaraskan perbedaan, menemukan chemistry penyatuan, komunikasi yang membahagiakan, merayakan kebahagiaan bersama pasangan, dll. Benar-benar disertai ilmu praktisnya, bukan hanya sekedar teori. Ya, teori memang penting, tapi cara penerapan teori untuk menjadi wonderfull couple lebih penting. Buku ini menyajikan teori dan praktisnya.
 
Saya paling suka dengan kutipan hadits di halaman 329:
"Jagalah kehormatan dirimu, niscaya istrimu akan menjaga kehormatan dirinya." (H.R. Thabrani)
Artinya, jangan berharap suami akan mendapatkan istrinya berada dalam kesetiaan apabila ia sendiri melakukan penyelewengan. Begitupun sebaliknya.

Ya kalau kita ingin suami atau istri kita baik, kita harus memperbaiki diri sendiri dulu. Dan inti dari buku ini adalah tentang bersyukur. Kalau hati sudah bersyukur, bagaimanapun keadaan pasangan, kita akan tetap bahagia bersamanya. Kita tidak akan terlalu mempermasalahkan kekurangan pasangan, karena kita juga menyadari bahwa diri sendiri juga punya kekurangan.

Kekurangan buku ini, ya hmmm.. Secara pribadi saya suka buku ini. Tapi ini kelanjutan dari buku Wonderful Family yang sudah best seller kan ya.. Jadi beberapa redaksi kata dan inti dari buku sebelumnya ada yang diulang-ulang. Kalau boleh saran sih, inginnya kelima buku seri wonderful itu disatu bukukan. Mungkin jadi lebih tebel ya, tapi jadi lebih praktis kalau jadi satu. Hehe. Wonderful Husband dan Wonderful Wife saya kasih sebagai kado untuk teman dan saudara.  Jadi sekarang saya cuman bisa baca dua buku. Kalau dijadikan satu kan bisa baca semuanya. Sebenarnya bisa sih baca semuanya kalau beli lagi. Di halaman-halaman awal ada space khusus untuk menuliskan kata-kata ucapan kalau ingin menjadikan buku ini sebagai kado istimewa.

2 comments:

  1. Wah cucok untuk kado teman yg nikah, ni. Saya juga mau dikado beginian, hihi. Seneng deh punya teman yg buka book store, pesan via WA terus diantar ke rumah. Kalau saya cari buku dg bandingin harganya dulu pakai priceza.co.id nah begitu ketemu yg klik, baru beli deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi kalau dikasihnya sepaket. Hihi.

      Delete