Pages

Friday, March 24, 2017

Change Your Handwriting Change Your Life (Valencia Penny, Dip CSG)


Tidak perlu dijelaskan lagi kan tentang ketertarikan saya terhadap grafologi. Buku ini sepaket dengan pelatihan grafologi di Hotel Promenade Bandung pada tanggal 12 Maret kemarin. Tapi saya ga ikut pelatihannya. Hiks.

Jadi waktu itu tanggal 26 Februari kebetulan saya lagi ke Bandung dalam rangka menyehatkan kondisi saya yang saat itu sedang sakit.

Sebetulnya lima hari saya sudah membaik dan tinggal recover sedikit lagi. Tapi karena ternyata teman saya ada yang menikah tanggal 11 Maret jadi saya berniat menunda kepulangan saya ke Bogor.

Lalu saya menemukan iklan seminar grafologi tanggal 12 dengan harga yang menurut saya lumayan terjangkau karena dapat bonus buku yang ditulis langsung oleh pembicarannya.

Pembicara dan penulis buku ini saya telusuri dan memang merupakan pakar di bidangnya. Saya benar-benar tertarik tentang alasan beliau mempelajari grafologi secara serius sampai mengambil studi grafologi di Cambridge.

Beliau adalah ibu dari dua orang anak yang mulai menginjak remaja. Atas dasar untuk melindungi
perkembangan anak-anaknya dari lingkungan yang tidak baik beliau menekuni studi ini.

Jadi beliau menganalisis tulisan teman-teman anaknya yang didapatkan saat bekerja kelompok untuk mengetahui karakter teman-temannya. Beliau juga menganalisis tulisan anak-anaknya dan mengembangkan karakter serta potensi mereka dengan menggunakan grafologi.

Jadi intinya beliau sudah profesional dan tercatat sebagai Grafolog Indonesia pertama di The Association Of Qualified Graphologists. Banyak klien yang meminta beliau menganalisis tulisan tangan untuk memecahkan beberapa kasus di berbagai perusahaan.

Nah, kapan lagi saya ada di Bandung terus ketemu sama ahlinya langsung. Bukunya terbatas hanya untuk 50 pendaftar pertama. Jadi langsung deh saya daftar.

Tapiiiiii..  Ternyata saya harus pulang lebih cepat.. Kewajiban sudah menarik saya agar segera meninggalkan Bandung. Pengen nangis asli. (T ^ T)

Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke rumah teman saya yang akan menikah satu minggu sebelum hari H. Dan dengan berat hati saya serahkan tiket seminar pada adik saya. Setidaknya saya bisa dapat bukunya.

Anatomi buku ini:
Judul: Change Your Handwriting Change Your Life
Penulis: Valencia Penny, Dip CSG
Penerbit: Aquarius
Tahun terbit: 2017
Jumlah halaman: 202
Dimensi: 14 cm X 20 cm
Harga: Rp 78.000

Buku ini lebih lengkap membahas mengenai grafologi dengan sangat detail. Pendahuluan pada buku ini bisa membuat pembaca yang tidak tertarik dengan grafologi jadi bersemangat untuk mengenal lebih jauh, apalagi yang sudah tertarik.

Jadi saya ingin mengetikkannya di sini, semoga Bu Penny tidak keberatan manfaat grafologi pada buku ini saya kutip dengan sedikit perubahan agar tidak terlalu panjang. Hehe.

1. Grafologi memungkinkan Anda berhubungan dengan dunia baru dan menarik yang berhubungan dengan potensi luar biasa dari kepribadian manusia.

2. Analisis positif atas tulisan tangan Anda menjadi bukti kekuatan Anda yang akan membantu Anda untuk percaya pada diri sendiri.

3. Anda akan menemukan bukti mengagetkan, bahkan Anda tidak menduga sebelumnya bahwa ada bakat-bakat tertentu (dan mungkin luar biasa) yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

4. Menganalisis tulisan tangan (Anda atau orang yang Anda kasihi) dapat memberikan pemahaman baru tentang diri sendiri atau orang lain yang sayang kepada Anda.

5. Hasil analisis tulisan tangan juga memastikan banyak hal ada di dalam kendali Anda sepenuhnya. Ini adalah afirmasi penting saat Anda harus mengambil keputusan penting di dalam hidup Anda, entah itu karir, kesehatan, perkawinan, dan lainnya. Anda pun dapat menyusun prioritas-prioritas dalam hidup Anda berdasarkan analisis tulisan tangan.

6. Anda dapat menemukan jawaban mengapa orang-orang sering bersikap tidak menyenangkan kepada Anda meski Anda tak pernah bermaksud buruk kepada mereka.

7. Anda juga akan menemukan jawaban penting mengapa seringkali bentrok dengan orang yang memiliki karakter tertentu, bahkan mungkin dengan pasangan Anda sendiri.

8. Sedikit banyak, hasil analisis tulisan tangan akan menuntun Anda menemukan metode yang tepat untuk memperbaiki diri Anda. Entah perilaku atau tampilan fisik.

9. Anda akan lebih mengenali diri dan menempatkan diri lebih baik lagi saat sadar Anda seorang introvert atau extrovert.

10. Anda akan menemukan jawaban mengapa Anda sering sakit punggung saat berlama-lama di kantor namun selalu fit saat mendapat tugas luar kota. Itu bukan soal usia atau salah kursi, itu soal seberapa tertekan Anda bekerja di balik meja.

11. Anda akan menemukan wow time saat menyadari bahwa kelesuan bisnis Anda terhalang oleh pikiran bawah sadar saat Anda menorehkan tanda tangan di dalam kontrak bisnis.
(halaman 3-5)

Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh kita jika dapat menguasai grafologi bukan? Umtuk saya pribadi, saya ingin memahami dan memperbaiki karakter saya sendiri. Dan tentu saja grafologi akan sangat membantu saya memahami siswa saya.

Saya ingin bisa mengoptimalkan potensi siswa yang sudah beranjak remaja dan membentuk siswa yang masih belajar menulis permulaan. Bukankah bagus bisa membentuk karakter siswa kelas rendah (1,2,3) melalui tulisan tangan mereka yang masih dalam tahap permulaan. Mengingat basic saya adalah PGSD, jadi bagi saya ilmu ini sangat penting.

Dan tentu saja sebagai bekal saya apabila anak-anak yang saya lahirkan telah tumbuh dan berkembang pada usia yang tepat untuk dapat dilatih menulis menggunakan tangan.

Seorang ibu butuh ilmu ini juga lho. Ini alasannya:

1. Dengan tepat, saya menempatkan posisi untuk terciptanya hubungan yang dinamis di antara kami.

2. Saya dapat membimbing anak-anak untuk memilih jurusan yang sesuai dengan karakter yang mereka miliki.

3. Saya juga dapat mengarahkan mereka cara bersikap untuk menyesuaikan diri terhadap karakter siapa pun orang di sekitar mereka.

4. Bahkan, dengan melihat tulisan tangan teman mereka yang ada dalam buku catatan sekolah, saya selalu mengetahui lingkup pergaulan mereka.

Ilmu ini juga dapat digunakan saat menangani perekrutan karyawan di beberapa perusahaan, menempatkan karyawan pada posisi yang tepat, serta menemukan pelaku pencurian, dll.
(halaman 199)

Dalam buku ini juga ada sekelumit mengenai sejarah grafologi. Tentang grafologi yang dianggap sebagai pseudo science alias ilmu semu dan akhirnya grafologi terbukti sebagai sesuatu yang scientific.

Di buku ini juga disajikan fakta-fakta mengenai grafologi. Dan disertai pula banyak latihan untuk menganalisis tulisan tangan.

Banyak juga ilustrasi gambar yang memudahkan pembaca memahami penjelasannya. Dan tentu saja contoh-contoh tulisan tangan di setiap bahasannya.

Buku ini benar-benar menarik. Tulisan tangan ternyata merupakan silent detector yang akurat. Karena tulisan tangan tidak bisa berbohong. ;)

Baca juga:
The Secret Of Signature

12 comments:

  1. kirain bukunya mahal mba mayan harganya segitu mah jd pengen baca hehehe makasi mba infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harga tiketnya waktu itu Rp 148K. Untuk 50 pendaftar pertama sudah include buku ini yang katanya Rp 78K. Saya tidak tau apakah buku ini sudah dijual bebas atau hanya saat event pelatihannya saja. Hehe.

      Delete
  2. Saya tertarik dengan grafologi juga karena ilmu ini ternyata digunakan pihak kepolisian US buat cari buronan seperti Zodiac, si serial killer.
    Menarik ulasannya, mak Sinta. Salam kenal ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, organisasi2 intelligence kyk FBI atau CIA juga pakai grafologi untuk mengetahui detail karakter kriminal2 yang berbahaya. Salam kenal juga. :)

      Delete
    2. Mak Sinta, bisa dibantu gk tombol follow-nya dimana ya? Mumpung blogger, aku mau masukin blog mak Sinta ke reading listku biar bisa update hehehe

      Delete
    3. Oh iya maaf. Saya belum tambahin widgetnya. Untuk sementara paling follow akun G+ dulu. Hehe.

      Delete
    4. Sip, mbak. Kalo gitu tak follow akun G+ nya aja dulu

      Delete
  3. Dulu pernah lihat cover buku tetntang tulisan tangan, tapi nggak dibeli. Eh, ternyata ilmunya serius. Jadi ikut tertarik belajar grafologi :-D
    Salam kenal mbak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menyenangkan bisa belajar grafologi. Jadi bisa tau hal-hal baru tentang diri kita dan orang lain. Salam kenal juga. :)

      Delete
  4. saya juga gak nyangka kalau grafologi itu sangat bermanfaaat, saya kira cua tentang tulisan tangan aja, makasih infonya maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak. Tulisan tangan disebut juga sebagai tulisan otak. Bila tangan seseorang terluka sehingga ia tidak bisa menulis lagi dan kegiatan tulis menulis diambil alih oleh anggota tubuh lainnya (mulut/kaki) maka hasil goresan khas dalam tulisan akan mempunyai ciri khas yang sama dengan tulisan sebelum tangannya terluka. Namun jika kerusakan terjadi pada otak seseorang, pasti akan banyak kemampuan menulis yang juga akan hilang. Tidak ada tulisan tangan yang dikendalikan oleh otak yang sama, ini menjadi salah satu jawaban mengapa tulisan tangan antar individu tidak ada yang sama persis. (halaman 21)

      Delete