Pages

Friday, March 31, 2017

Coloring Book For Adult Beautiful Nature Garden, Flower, Plant, Animal, & Ocean Edition (Erlangga Bagus Sulistyo)


Selain membaca, hobi saya menggambar dan mewarnai. Waktu itu nemu buku ini di mini market deket rumah (yaelah, beli buku di mini market lagi, wkwkwk).

Warna hijau dari covernya sangat menarik perhatian saya. Secara, warna favorit saya hijau. Ada gunting lucu warna hijau, beli. Ada pulpen lucu warna hijau, beli. Ya gitu, jadinya belanja impulsif kalau nemu yang warna hijau. Tapi liat-liat isi dompet juga. Kalau nemu yang warna hijau tapi tidak terjangkau oleh isi dompet ya cuman bisa ngiler doang, ga dibeli. Hehe.

Sebelum nemu buku ini saya memang sudah googling tentang terapi mewarnai untuk relaksasi. Banyak yang menyediakan coloring pages for adult untuk didownload secara gratis. Tapi ya gitu, harus diprint sendiri. Untuk saya yang sekarang tinggal di tempat yang jauh "kemana-mana", ga ada printer, ngegambar sendiri sering males, dan alasan-alasan lain yang dibuat-buat pokonya, jadilah keinginan untuk mewarnai tidak terealisasikan.

Jadi waktu di Bandung, nemu buku ini di mini market, langsung deh pulang dulu. Pulang dulu karena
emang tadinya ga niat beli buku jadi ga bawa isi dompet banyak-banyak. Dalam 5 menit sudah balik lagi ke mini market. 

Anatomi buku ini:
Judul: Coloring Book For Adult Beautiful Nature Garden, Flower, Plant, Animal, & Ocean Edition
Penulis: Erlangga Bagus Sulistyo
Penerbit: AgroMedia Pustaka
Tahun terbit: 2016
Jumlah halaman: 64
Dimensi: 19 cm X 19 cm
Harga: Rp 39.000

Kelebihan buku ini tentu saja pada kertasnya yang tebal, sepertinya concord. Mewarnai jadi lebih nyaman. Kalau ngeprint sendiri di kertas HVS kurang gimanaaa gitu. Ilustrasi gambarnya saya suka. Di dalamnya ada teka-tekinya juga. Cocok deh buat yang ingin relaksasi sejenak dari rutinitas. 

Kebayang kan, emak-emak yang tiap hari melakukan hal yang itu-itu saja. Masak, nyuci baju, nyuci piring, ngemandiin anak, nyuapin anak, beres-beres, dll. gitu terus tiap hari. Atau untuk yang lelah bekerja di kantor atau di mana saja. Kalau traveling belum memungkinkan untuk dijadikan me time, mewarnai bisa jadi alternatif yang menyenangkan dan menyegarkan otak yang mumet. Waktunya juga maksain, tengah malam saat semua sudah tertidur, pakai lampu emergency biar tambah terang, demi meminimalisir gangguan pada me time saya yang satu ini. Karena saya masih ingin waras. Hahaha.

Ini contoh hasil mewarnai saya pada buku ini:

Ini contoh yang sudah beres.
Dalam buku ini juga ada kutipan-kutipan tentang Beauty Nature yang bisa kita warnai juga.


Ini contoh yang masih belum selesai. Hehe.
Ini salah satu halaman yang ada teka-tekinya. Masih ada beberapa halaman lagi yang seperti ini.








































Nah, jangan khawatir dengan pandangan bahwa mewarnai hanya untuk anak-anak. Faktanya mewarnai bisa berdampak positif untuk semua umur. Gambar-gambar ilustrasi untuk orang dewasa tentu saja lebih rumit daripada untuk anak-anak. 

10 Manfaat Mewarnai untuk Orang Dewasa 

1. Membantu mengurangi stress
Salah satu peneliti yang melakukan riset mengenai mewarnai sebagai terapi adalah Carl Jung. Dia melakukan penelitian yang menghasilkan teori bahwa coloring pages yang terdapat bentuk-bentuk geometri dan lingkaran konsentris di dalamnya dapat membuat pasien-pasiennya lebih tenang dan rileks. 

2. Kegiatan mewarnai mengaktifkan kedua bagian pada cerebral hemisphere
Menurut psikolog Gloria Martinez Ayala, kegiatan mewarnai mencakup baik logika maupun kreativitas. Ketika kita menggunakan logika saat memilih warna untuk bentuk dan pattern tertentu, kita mengaktifkan bagian analitik pada otak. Dan ketika kita memilih untuk menggabungkan dan menyelaraskan warna, kita mengaktfkan bagian kreativitas pada otak. Hal ini membantu menggabungkan kedua area cerebral cortex sebagai kontrol penglihatan dan membantu koordinasi dalam memperbaiki keterampilan motorik.

3. Membawa orang dewasa pada masa kanak-kanak
Ketika orang dewasa mewarnai, mereka kembali pada masa kecil yang bebas dari beban pikiran. Mendapatkan kembali kenangan-kenangan indah masa kecil dapat membuat seseorang menjadi tenang, bahkan merasa optimis dan penuh energi untuk menghadapi masa depan.

4. Mewarnai sebagai meditasi

5. Membantu mengurangi kekhawatiran 

6. Menemukan kembali diri sendiri

7. Terapi yang sempurna bagi disabilitas atau sakit secara fisik

8. Menumbuhkan kreativitas

9. Mengoneksikan kembali dengan Inner Child

10. Membawa kita pada satu waktu dan tempat yang jauh

Maaf penjelasan nomor 4-10 belum saya ketik, nanti saya lanjutkan lagi kalau sempat. Untuk lebih lengkapnya baca aja di link ini ya:

Kalau mau beli di belbuk juga ada.
Coloring Book for Adult: Beautiful Nature Toko Buku Online Terpercaya

12 comments:

  1. wah, aku juga suka sekali mewarnai :)

    ReplyDelete
  2. mbak,, nggak ada gambarnya? Maksudnya gambar yang perlu diwarnain,, ato gambar yang udah diwarnain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Hehe. Saya edit dulu deh, tambahin imagenya. Terima kasih masukannya. :)

      Delete
  3. Lebih asik coloring, menenangkan pikiran kalau pas ada waktu. Daripada dihabiskan di media sosial :)

    ReplyDelete
  4. Iya betul. Menenangkan dan menyenangkan. Tapi kalau coloring emang harus nyari waktu dan tempat yang tepat agar jauh dari gangguan biar tenang dan lebih puas dengan hasilnya. :D

    ReplyDelete
  5. Hoooo harus dicari ini. Saya suka menggambar dan mewarnai, tapi waktu untuk itu sedikit sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia. Terkadang kita ditarik oleh kewajiban saat ingin melakukan hobi. Tapi saya maksain nyari waktu buat me time, biar bisa relax, konsekuensinya waktu tidur saya berkurang. Tapi gpp, karena setelah melakukan hobi, pikiran jadi kembali waras. :D

      Delete
  6. Duh cakep cakep bener hasilnya maaak. Kalo aku mah nggak sabaran orangnyaaaa, jadi nggak cocok warnain gini-giniii. Hihihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Iya, harus sabar. Tapi kalau pengen cepet sekarang sudah ada aplikasi2 coloring. Tinggal touch2 langsung deh ada warnanya.

      Delete
  7. telateeen mba nyaa, juara. Dan aku baru tau manfaat mewarnai sedahsyat itu. harus nyoba nih, jadi ga anaknya aja yang disuruh mewarnai. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cobain. Ada kepuasan tersendiri setelah menyelesaikannya. Beda kan kalau kerjaan rumah ga ada bekasnya walaupun diberesin tiap hari ada lagi ada lagi. Tapi kalau ini kita bisa lihat hasilnya dan bisa dipajang juga karya kita. Hihi. Biarin lah dibilang kayak anak kecil juga, yang penting masih waras.

      Delete